Di UMBY ada tiga macam kelas perkuliahan R1 untuk kuliah normal pagi sampai sore, R2 untuk kuliah kelas karyawan sore sampai malam dan R3 untuk kelas tidak normal alias karyawan yang hanya bisa kuliah hari sabtu saja. Bisa dibayangkan betapa padatnya perkuliahan yang wajarnya dibagi dengan jadwal satu pekan dipadatkan hanya satu hari saja dan dengan beban kurikulum yang sama.

Tapi itulah R3 kelas khusus ini ada dan diselenggarakan di UMBY sejak 2016 silam. Karena hanya hari sabtu otomatis baik dosen maupun mahasiswa harus mengorbankan waktu sabtu , weekend yang untuk kuliah dan mengajar. Pelaksanaanya pun terbilang ‘unik’ karena dari semua mata kuliah yang diambil semester itu yang ketemu dosen tiap pekan hanya 2-4 dari MK , sisanya sekitar 4-6 MK tergantung semesternya dilaksanakan secara bleded, elearning, online. Tapi di awal dan akhir perkuliahan atau mendekati UTS dan UAS semua dosen masuk dengan durasi maks 1 jam mengajar. Wow bukan kuliah dari jam 08-16 non stop. Paling break sebentar untuk sholat.

Sebetulnya perlu dievaluasi lagi R3 ini, kalau untuk dosen kayak saya yang punya 3 krucils sabtu adalah waktu yang sangat berharga buat mereka. Namun hampir semua menolak mengajar sabtu, jatuhlah ‘amanah’ itu pada saya. Ya sudah dinikmati saja. R3 ini juga perlu dievaluasi dari sisi jumlah mahasiswa . Sejak awal saya mengajar jumlah mhs yang awalnya 15 diakhir akan berguguran tinggal <10, bahkan ada satu angkatan yang tinggal 1 tersisa. Sehingga konsekuensi nya mahasiswa harus pindah ke R2 atau cuti.

Simple saja untuk R3 ini, motivasi. Mereka yang bertahan adalah yang mempunyai motivasi ! Karena kuliah sambil kerja plus di weekend meninggalkan keluarga itu tidaklah mudaaaaaahhh.

sekian

di sela mengecek flowcart tubes

kelas R3 angkatan 2017

ART

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *