Tiga tugas dosen dalam menunaikan tridharma perguruan tinggi adalah mengajar, penelitian dan pengabdian. Yang rutin dilakukan setiap tahun. Salah satu bentuk pertanggungjawaban penelitian dan pengabdian adalah laporan penelitian pengabdian.

Menyusun laporan ini tidak susah tapi juga tidak gampang. Mengapa tidak gampang karena harus mengumpulkan sejumlah bukti dan merangkai nya menjadi satu buku laporan dengan segala tetek bengkek format dan lampiran nya. Ini yang menyita waktu. Misal untuk mendapatkan tanda tangan pihak pihak dilema persetujuan, lampiran ucapan terima kasih dan lampiran absensi.. Kalau kecer satu saja bisa batal dijilid tuh laporan.

Kalau kerja team mungkin lebih ringan. Namun takkan kerja nya sedang tidak bisa dibuat tim membuat laporan adalah perjuangan. Setelah mengumpulkan bukti, dosen juga harus mengecek tulisan dan konten, selain itu meminta lembar pengesahan,mengeprint dan menjilidnya. Kalau sudah dijilid rangkap 3 dan harus dikumpulkan di kampus 1 yang jauuuhhhh.

Tapi setiap perjuangan inshaallah membuahkan hasil. Bismillah cuzz kampus 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *