Standart selanjutnya adalah standart turunan… Ketinggalan karena ada mhs revisi

Evidence harus ada dan dikendalikan dengan evaluasi.

Untuk kriteria borang bbatu ada 9 tetapi standart masih tetap 7.

Misal Kriteria 6 adalah PPEPP terdiri

Standart isi pembelajaran, standart proses pembelajaran, standart penilaian pembelajaran. Saat evaluasi diri yang dijelaskan adalah implementasi PPEPP standart 6.

Kriteria 5, tentang keuangan sarana dan prasarana.

Kriteria 6 dan kriteria 9 maka akan jadi titik point penting APS 4 0. Yaitu 6 : isi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran. Dan 9 yaitu : standart kompetensi lulusan, luaraj penelitian dan luaran pengabdian.

Obe adalah teknik utk implementasi kriteria 6 dan 9.

Adanya evidence sebagai bentuk tindak lanjut evaluasi menuntut adanya tindak lanjut dari SPMI. Untuk lebih lengkapnya materi di share.

Beda borang 9 kriteria, betul betul mengacu pada sn dikti. Borang 7 an dikti blm lahir. Jika borang 7 hasil akreditasi A, B, C kalau 9 kriteria hasilnya unggul dan sangat baik dst. Jika APS fokus pada ketercapain capaian lulusan. Untuk APT fokus pada ketercapaian visi, misi perguruan tinggi.

Dokumen 2 LKPS dan LED utk borang 9 standart. Status akreditasi, Terakreditasi Dsn tidak Terakreditasi. Utk yang Terakreditasi yaitu unggul, baik sekali dan baik.

Syarat Terakreditasi

1. Syarat harkat dosen nilai >=2

2. Spmi skor efektivitas >=3

3. Skor butir penelitian pengabdian Min 3

Utk nilai 3 spmi ketersediaan dokumen spmi, yaitu

1. Organ spmi

2. Dok spmi

3. Auditor internal

4. Bukti tindak lanjut

Utk rapat tinjauan management minimal setahun sekali, rtm membahas 7 unsur yaitu

1. Hasil AMI

2. Umpan balik

Mengerjakan borang dari LKPT lalu LED dengan data dari PPEPP. Kriteria 1 sd 9 mirip kecuali kriteria 1 dan 9. Utk 2 sd 8 terdiri atas : 1. Latar belakang, 2.kebijakan, 3.standart perguruan tinggi dan strategi pencapaian standart, 4.indikator kerja utama, 5. Indikator kinerja tambahan., 6.evaluasi capaian kinerja, 7.penjaminan mutu (PPEPP) 8. Kepuasan pengguna, 9.kesimpulan ketercapaian hasil evaluasi dan tindak lanjut.

Pr utama adalah tracer studi stakeholder external dan internal.

Sekian.. Istirahat dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *